Minggu, 28 November 2010

Cara configurasi pada blogspot

Pada topik kali ini, kita akan membahas cara konfigurasi atau setting pengaturan dasar di blog blogspot. Pada pengaturan dasar, ada beberapa hal yang bisa kamu konfigurasi/tata ulang agar kiranya sesuai dengan apa yang kamu inginkan, misalkan saja kamu ingin mengubah judul atau deskripsi /uraian blog kamu, kamu bisa melakukannya disini. Lihat gambar berikut:

click gambar untuk memperjelas tampilan

Sebelum kamu mulai men-konfigurasi Pengaturan Dasar (basic settings) di blog kamu, maka lakukan dulu langkah berikut:
Langkah 1: login / masuk ke dalam akun blog.
Langkah 2: Pada halaman Dasbor Klik link >> Pengaturan. Letaknya ada di sebelah kiri atas halaman Dashboard.
Langkah 3: Konfigurasi Pengaturan/Setting Dasar Blog.

1. Alat Blog: Alat blog adalah pengaturan untuk Impor, Expor atau Hapus blog. Ini adalah fasilitas untuk mengimpor atau mengekspor blog. Kalau impor berarti kamu ingin mengimpor blog kamu dari yang blog lain ke blog kamu yang sekarang, kalau expor berarti kamu mau mengekspor blog kamu ke blog yang lain, kalau Hapus Blog berarti kamu mau menghapus blog. Setting/pengaturan Alat Blog hanya perlu digunakan bila aktivitas impor/ekspor/hapus ingin dilakukan. Bila tidak, maka skip/langkahi saja pengaturan ini.
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai ekspor/impor dari blog, kamu bisa membaca artikel berikut:

  • Cara Ekspor Blog dari blog di Blogger/Blogspot ke blog lain.
  • Cara Impor Blog dari blog yang berbeda akun atau dari blog lain di Blogger/Blogspot.
  • Cara Hapus Blog di Blogger/Blogspot.

2. Judul: Bila kamu ingin mengganti judul, maka gantilah judul blog kamu dengan judul yang baru di kotak pengisian.

3. Uraian: Uraian adalah deskripsi atau keterangan tentang blog kamu. Bila kamu ingin mengganti atau menambah keterangan tentang blog kamu, maka kamu dapat melakukannya disini.

4. Tambahkan blog anda ke daftar kami? Ini adalah pilihan untuk kamu bila kamu ingin atau tidak blog kamu terdaftar diblogger.com, blogger play, atau blog selanjutnya. Maksudnya disini adalah, bila kamu memilih yes, maka blog kamu akan terdaftar di situs blogger.com dengan kata lain, bila ada orang yang mencari blog kamu melalui situs www.blogger.com , maka blog kamu akan dimunculkan blogger.com, selain daripada itu, setiap kali kamu membuat tulisan/posting/update pada blog kamu maka akan dimunculkan di daftar blog terbaru yang ada di www.blogger.com. Tapi jikakalau kamu memilih untuk (no / tidak) pada pengaturan ini, maka blog kamu tidak akan terlihat di daftar/list blog www.blogger.com bila kamu membuat posting baru. Saya lebih memilih Ya untuk pengaturan ini.

5. Biarkan mesin pencari menemukan blog anda. Hampir sama halnya dengan pengaturan diatas, namun ini berkaitan dengan mesin pencari seperti google atau yahoo. Misalkan kamu memilih Yes pada pengaturan ini, maka blog kamu akan terdaftar di search engine (google, yahoo, msn). Sehingga bila ada yang mencari informasi melalui search engine dan kebetulan kamu memiliki informasi tersebut, maka dalam daftar hasil pencarian blog kamupun akan dimunculkan.

6. Tampilkan editing cepat di blog anda? Ini semacam menambahkan shortcut ke posting/tulisan. Misalnya kamu melihat tampilan home/depan blog kamu, dan kamu membaca artikel kamu sendiri lalu tiba-tiba ada kesalahan pada tulisan/posting kamu, maka pada bagian bawah artikel akan ada sebuah shortcut link bernama “Edit” yang bila di-klik akan menuju langsung ke text-editor (tempat menulis) sehingga kamu tidak perlu repot-repot harus login/masuk lagi dari depan bila ingin meng-edit tulisan di post kamu. Ini hanya berlaku bila kamu sedang login di blog kamu, bila belum login/masuk maka kamu harus login/masuk terlebih dahulu.

7. Tampilkan link posting Email? Ini juga semacam shortcut yang bila kamu pilih Ya untuk pengaturan ini maka sebuah link akan muncul pada bagian bawah tulisan/posting kamu. Gunanya link ini adalah agar pengunjung dipermudah dalam hal bagi-membagi (sharing) tulisan dari blog kamu ke orang lain lewat e-mail.

8. Konten dewasa. Ini berhubungan dengan apakah konten kamu memuat hal-hal seperti bokep, porno, gambar telanjang, atau apapun itu bentuknya. Bila kamu pilih Ya,berarti didalam blog kamu terdapat unsur-unsur konten dewasa dan setiap kali orang yang membuka blog kamu akan diberi peringatan bahwa blog ini mengandung konten orang dewasa. Sebaliknya bila kamu memilih Tidak berarti blog kamu tidak memiliki unsur-unsur konten dewasa sehingga pada saat membuka blog kamu, peringatan pun tidak diberikan.

9. Mode kompos. Ini berhubungan dengan tempat kamu menulis. Pada saat kamu menulis pastinya kamu bisa melihat 2 pilihan text-editor yaitu Visual atau dikenal dengan WYSIWYG dan satu lagi adalah Html. Bila pada pengaturan ini kamu memilih Ya, maka kamu bisa menggunakan text-editor Visual. Sebaliknya bila kamu memilih Tidak maka pada saat menulis kamu hanya diberikan text-editor HTML. Bagi pemula, text-editor html cukup sulit untuk dipakai karena harus mengharuskan pemakaian kode HTML dalam tulisan. Saya sarankan pilih Ya saja.

10. Aktifkan Literasi. Bagi kamu yang ingin blog kamu dapat mengubah otomatis menjadi bahasa lain atau translate otomatis, maka kamu bisa memilih bahasa (language) yang kamu inginkan. Ini akan menambah sebuah aksesoris/tombol pada bagian sidebar halaman depan blog kamu. Yang bila di klik, blog kamu yang semula Bahas Indonesia bisa diubah menjadi bahasa lain.

Klik tombol >> “SIMPAN SETELAN”. Maka kamu telah selesai untuk konfigurasi pengaturan dasar blog kamu dan settingan/pengaturan dasar yang baru akan tersimpan.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger